Thursday, June 13, 2013

Ada Apa Dengan Real Madrid?

Ya, ada apa dengan Real Madrid mungkin menjadi pertanyaan yang muncul di benak para penikmat sepakbola,terutama sesudah Madrid ditaklukan “tim gurem” Granada 1-0 minggu pagi dinihari lewat gol bunuh diri superstar mereka Cristiano Ronaldo.  Bak Daud yang mengalahkan Goliath, hal ini mengejutkan banyak orang terutama setelah melihat performa impresif Madrid saat mencuku Valencia 0-5 di Mestalla dan imbang dalam laga El Classico tengah pekan.
image
Performa tandang Madrid menjadi sorotan menjadi sorotan. Dari 12 laga mereka mengalami 5 kali kekalahan,berbeda dari musim lalu yang hanya 1 kali. Banyak pengamat mengaitkan hal ini terhadap problem internal Madrid sendiri. Bertubi-tubi berita miring mengenai ruang ganti Madrid terekspos media. Mulai dari awal musim saat CR7 mengaku sedih, problem penjualan Kaka,hingga yang paling panas tentang beberapa pemain yang memohon kepada Presiden klub agar manager mereka Jose Mourinho dipecat.
image
Jose Mourinho memang menjadi fokus media mengenai merosotnya performa Madrid dibandingkan musim lalu. Terutama setelah keputusan kontroversialnya yang tidak memainkan Iker Casillas waktu melawan Malaga. Isu santer yang berhembus memprediksikan bahwa Mou akan kembali menangani Chelsea. Mou berdalih bahwa turnamen EURO 2012 tahun lalu memang menguras fisik para pemain-nya saat masa pre-season,selain itu tekanan untuk mempertahankan performa seperti musim lalu juga mempengaruhi mental tim. Terlebih semua tim melihat Madrid sebagai sosok unggulan sehingga mereka semua berlomba-lomba untuk menaklukan Juara terbanyak La Liga ini. Madrid sendiri pada awal paruh musim kedua ini masih terkena krisis absenya pemain karena cedera dan skorsing. Selain itu tuntutan untuk memberi gelar Liga Champions yang ke-10 bagi Madrid mungkin membebani pikiran Mou sendiri.
Hal di atas mungkin hanya beberapa kasus yang dianggap kaum jurnalis sebagai penyebab merosotnya performa Madrid musim ini. Runtuhnya mental tim,dan ketidakpercayaan akan manager tim juga imbas dari kasus tadi. Meskipun Presiden klub terus mengatakan posisi Mou tetap aman,tapi bukan tidak mungkin bahwa Mou akan meninggalkan Madrid suatu saat. Reputasi Mou yang dikenal sebagai motivator handal dan dekat dengan pemain mengalami ujian berat saat ini,terlebih saat ini Madrid akan melakoni jadwal yang kurang bersahabat periode februari ini.

No comments:

Post a Comment