Thursday, June 13, 2013

Van Basten Perlakukan Istimewa Van Persie

Amsterdam - Untuk kejuaraan sebesar dan sepenting Piala Eropa, memiliki skuad yang bugar adalah sebuah keharusan. Jika ada pemain yang kurang fit tapi tetap dibutuhkan, Marco van Basten menunjuk Robin van Persie.

Demikian dikatakan pelatih Belanda itu menjelang pengumuman daftar tim resmi Euro 2008 yang deadline-nya adalah 28 Mei ini. Dari 26 pemain yang sudah dikumpulkan dan mengikuti kamp latihan, tiga di antaranya dipastikan didepak Van Basten karena yang dibutuhkan memang hanya 23.
Prinsipnya, kata Van Basten, ia hanya akan memilih pemain-pemain yang benar-benar siap. "Adalah penting untk membawa pemain-pemain yang bugar buat turnamen ini," cetusnya.

"Lebih mudah bekerja bersama orang-oranb seperti itu ketimbang dengan mereka yang gampang cedera. Aturan dasar kami adalah siapapun yang bergabung dengan skaud kami harus siap untuk pertandingan pertama melawan Italia," sambung pria berusia 43 tahun.
Nah, dari deretan pemain bintang "Singa Oranye", bahkan Robben disebut-sebut masih mungkin digusur karena ia memang dikenal sebagai pemain yang ringkih. Cedera membuatnya tidak bermain dalam jumlah ideal untuk Real Madrid, sebagaimanya ia hanya tampil dalam 21 pertandingan La Liga.

Namun ketika menyebut Van Persie, Van Basten membuat pengecualian. Penyerang Arsenal itu diberi "kelonggaran syarat" oleh pelatih yang setelah Euro 2008 akan menukangi Ajax Amsterdam itu.
"Sepanjang (Robin) Van Persie tetap dibalut keraguan ... kami mungkin berkata 'dia
dapat mulai bermain di pertandingan kedua'. Dia adalah pemain yang spesial. Dengan pemain seperti dia, segalanya akan berbeda," ungkap Van Basten seperti dikutip Goal.

Dibanding Robben, Van Persie bahkan lebih jarang beraksi di lapangan. Di Premiership ia hanya tampil 15 kali. Saat ini kondisinya pun belum fit 100 persen dan dipastikan absen dalam laga ujicoba melawan Ukraina hari Sabtu ini.
Belanda akan mengawali laga pertama di Grup C Euro 2008 melawan Italia pada 10 Juni,
diikuti berikutnya melawan Prancis (14 Juni), dan Rumania (18 Juni).

No comments:

Post a Comment