Thursday, June 13, 2013

Prediksi Semifinal Euro U-21

13711326581416967490
en.wikipedia.com
Sabtu (15/2) pergelaran Euro U-21 di Israel akan melanjutkan aksinya di babak semifinal. Spanyol, Italia, Belanda, dan Norwegia menjadi empat tim tersisa yang akan memperebutkan trofi yang dua tahun lalu diraih Spanyol setelah di final mengandaskan Swiss 2-0. Tahun ini, siapakah yang berpeluang ke partai puncak? Berikut prediksinya.
SPANYOL vs. NORWEGIA
Spanyol menyapu bersih tiga laga Grup B pentas Euro U-21, sekaligus menggenapi rekor 24 pertandingan tak terkalahkan di level U-21 Eropa. Capaian luar biasa ini menjadi modal apik untuk menghadapi Norwegia yang akan berupaya melanjutkan kejutan di babak semifinal Euro U-21 2013 di Israel.
Di turnamen kali ini, La Rojita mengandalkan perpaduan kreatif Thiago Alcantara dan Isco sebagai poros permainan tiki taka. Kedua pemain yang selalu bermain di tiga laga fase grup selalu menunjukkan peran sentral keduanya, Thiago bertugas menjaga keseimbangan tim, sedangkan Isco berperan sebagai playmaker yang lugas bermain di segala sisi lapangan. Selain dua pemain tersebut, masih ada David De Gea yang belum sekalipun kebobolan dan Alvaro Morata yang sementara menahbiskan diri sebagai top scorer turnamen dengan tiga gol.
Norwegia sukses lolos ke babak semifinal setelah sukses membungkam Inggris dan menahan Italia. Permainan Norwegia mengandalkan gaya spartan yang sabar menunggu serangan lawan di zona pertahanan dan sesekali mencoba mencuri peluang dengan serangan balik. Selama fase grup, pola permainan Norwegia terbukti ampuh membuat frustasi pemain-pemain Inggris dan Italia yang terus menyerang sepanjang laga. Penampilan kapten tim Stefan Standberg yang tenang di jantung pertahanan dan aksi heroik Orjan Haskjold di bawah mistar ialah kunci permainan efektif ala tim Skandinavia.
Di duel kedua tim pada semifinal Euro U-21, yang akan dihelat di Stadion Netanya, dapat dipastikan Spanyol akan menguasai bola melebihi 65%, sedangkan Norwegia akan dengan sabar menunggu di zona sendiri dan melakukan serangan dengan umpan-umpan jauh. Tendangan bebas dan sepak pojok akan kembali menjadi tumpuan Norwegia untuk mengais angka. Akan tetapi, Norwegia harus mewaspadai permainan tiki taka anak asuhan Julen Lopetegui yang mampu memadukan umpan-umpan pendek dan jauh, serta memaksimalkan kecepatan Iker Munian dan Cristian Tello di kedua sisi lapangan.
Pola permainan pertahanan berlapis skuad asuhan Tor Ole Skullerud bukanlah hal baru bagi Spanyol. Thiago cs. akan bermain sabar dengan penguasaan bola sembari menantikan kelengahan zona pertahanan yang digalang Standberg dan kolega. Dengan dominasi yang akan ditunjukkan  kemungkinan besar Spanyol akan melangkah ke partai puncak dengan keunggulan margin dua gol.
Prediksi: Spanyol 60-40 Norwegia
ITALIA vs. BELANDA
Laga semifinal kedua ini menyajikan pertarungan dua kutub sepakbola Eropa yang selalu memiliki bakat-bakat luar biasa di lapangan hijau. Di ajang Euro U-21 ini, Italia dan Belanda menjadi dua tim awal yang memastikan kaki di fase 4 besar. Sehingga, pertarungan keduanya menjanjikan sebuah laga sengit dan sarat gengsi yang sangat sayang dilewatkan.
Italia di bawah asuhan Devis Mangia berhasil kokoh di puncak klasemen Grup A Euro U-21 setelah sukses mengalahkan Inggris dan Israel, dan secara dramatis menahan imbang Norwegia di pertandingan pamungkas fase grup. Seperti para seniornya, Azzurri yunior bermain dengan kedisiplinan tingkat tinggi dalam bertahan. Dalam hal menyerang, mereka mengutamakan koordinasi apik lini per lini untuk membuka celah pertahanan lawan. Marco Verratti yang didaulat sebagai deep-lying playmaker menjadi tumpuan lini tengah bersama Fausto Rossi dan Alessandro Florenzi  untuk mengalirkan bola kepada para pemain depan. Di depan, nama-nama berbakat macam Ciro Immobile, Lorenzo Insigne, dan Manolo Gabbiadini menjadi jagoan Italia demi meraih gol-gol kemenangan. Namun, lini tengah Italia harus ditinggalkan salah satu andalannya, Luca Marrone, yang harus pulang lebih awal karena cedera hamstring.
Belanda ialah kesebelasan yang selalu menampilkan permainan menyerang, tak peduli setangguh apa lawan yang dihadapi. Hal ini membuat tim Oranje muda menjadi kontestan dengan gol terbanyak di ajang Euro U-21 dengan delapan gol. Totalitas menyerang ala total football sangatlah didukung dengan komposisi permain Oranje yang diisi nama-nama wonderkid, seperti Kevin Strootman, Leroy Fer dan Adam Maher di lini vital permainan. Ketiga pemain tersebut tidak hanya piawai menjadi poros permainan anak asuh Cor Pot, namun juga ampuh menjadi alternatif pencetak gol. Di depan, trio Georginio Wijnaldum, Ola John, dan Luuk de Jong sangatlah berbahaya. Jerman dan Rusia telah menjadi makanan empuk ketiganya. Sayangnya, Belanda memiliki kelemahan di lini pertahanan. Lini yang dikomandani Daley Blind ini telah kecolongan tujuh gol atau yang terburuk di antara empat semifinalis.
Permainan menarik, yang sarat jual beli serangan akan menjadi tontonan di laga yang berlangsung di Stadion Ha Moshava ini. Pertarungan lini tengah antara Marco Verratti dan Kevin Strootman akan sangat menentukan hasil akhir laga. Italia harus mewaspadai serangan sporadis Belanda, sedangkan Belanda harus selalu menjaga konsentrasi terutama di lini belakang bila tidak mau dihukum Italia.
Untuk memenangkan pertandingan kedua tim harus memiliki sosok pembeda yang dapat memastikan kemenangan. Ada kemungkinan pemain pengganti akan menentukan hasil yang diraih kedua tim. Meski ini laga semifinal, namun laga akan tetap berlangsung selama 90 menit tanpa memerlukan perpanjangan waktu. Tim yang menang pun bisa diprediksi hanya akan meraih kemenangan dengan skor tipis.

No comments:

Post a Comment