Thursday, June 13, 2013

Lionel Messi Terancam Penjara Enam Tahun

Lionel Messi Terancam Penjara Enam Tahun 
Bola.net - Kasus penggelapan pemasukan untuk menghindari pajak yang dituduhkan kepada Lionel Messi dan ayahnya, Jorge, masih menjadi berita utama di Spanyol. Berbagai pihak memberikan opininya mengenai kasus yang menimpa peraih Ballon d'Or empat kali beruntun itu.

Sejauh ini Messi masih merupakan tertuduh, artinya dia belum benar-benar terbukti melakukan pelanggaran. Namun jika jaksa yang melayangkan tuntutan bisa membuktikan tuduhannya, Messi bisa dihukum enam tahun penjara, demikian menurut Kantor Berita Spanyol EFE.

Messi sudah memberikan bantahan atas tuduhan tersebut. Ia merasa tak pernah melakukan tindakan ilegal dengan mengirimkan uangnya ke Uruguay dan Belize untuk menghindari pajak.

Menurut seorang pengacara internasional John Callow, bisa jadi Messi memang tak tahu-menahu bahwa pelanggaran itu terjadi. Saat ini Messi hanya harus membuktikan bahwa dirinya tidak mengetahui 'kejahatan' yang dilakukan pada 2007 hingga 2009 itu.

"Jika Messi bisa membuktikan bahwa dia tidak mengetahui tindakan itu, maka dia akan aman dari hukuman. Jika pelanggaran itu memang terjadi dan Messi tak mengetahuinya, maka kemungkinan yang akan mendapatkan hukuman adalah ayahnya," ujar Callow. Messi memang disebut menyerahkan pengelolaan keuangannya kepada sang ayah.

Meski demikian, Callow menegaskan bahwa jika Messi mengetahui tindakan ilegal itu, maka semua orang yang terlibat juga akan mendapatkan hukuman, termasuk sang ayah dan konsultan pajaknya. (tdm/hsw)

No comments:

Post a Comment