Thursday, June 13, 2013

Euro 2008, Tuan Rumahnya Pecundang

Wina - Ada-ada saja ulah para suporter dalam menyuarakan dukungannya. Tidak mau negaranya dipermalukan di kandang sendiri, suporter Austria pun membuat kaos yang unik.
Austria dan Swiss, dua negara yang akan menjadi tuan rumah Euro 2008 musim panas nanti, memang bukan negara kuat di sepakbola. Prediksi bahwa mereka akan jadi bulan-bulanan tim lain pun bermunculan.

Hal itu ternyata memberi ide Stefanie Scoeffmann, seorang desainer grafis berusia 27 tahun asal Austria. Unik, karena kaos --dan kemudian barang-barang lain seperti pakaian dalam dan tas-- yang dibuat dan disebarkan oleh Scoeffmann ini berbunyi 'Hosted by Loosers' alias 'Tuan Rumahnya adalah Pecundang'. Kaos ini diproduksi dengan warna merah, ciri khas Austria.

Slogan tersebut sebenarnya adalah plesetan dari slogan Piala Dunia 2006 di Jerman yang berbunyi "Hosted by Friends".
Kalimat yang tercetak di baju Hoffmann memang bernada satire. Sampai-sampai ada satu suporter fanatik Austria yang menginginkan sang desainer kaos dibakar seperti penyihir. Namun Hoffmann tetap menyebarluaskan kaos ini, justru sebagai wujud dukungan dan kebanggaannya sebagai warga Austria.

"Saya adalah orang yang bangga terhadap Austria walaupun saya tidak akan pergi sambil melambaikan bendera," ujar Hoffman seperti dilansir Reuters, Sabtu (24/05/2008). "Ini adalah cara lain dalam merayakan pementasan Euro 2008."

Ekspresi Hoffmann memang cukup masuk akal. Pasalnya timnas Austria tidak pernah menang dalam sembilan pertandingan terakhir sejak 2007. Hal tersebut sampai menyebabkan warga Austria menjadi pesimistis negaranya mampu berbuat banyak di kandangnya sendiri.
Austria berada di Grup B pada Euro 2008. Andreas Ivanchitz cs akan mengawali laga kandangnya melawan Kroasia pada 9 Juni, menyusul kemudian melawan Polandia (13 Juni), dan calon kuat juara, Jerman, pada 17 Juni.

No comments:

Post a Comment