Thursday, June 13, 2013

Resolusi 2013 Real Madrid

 2012 ini bisa dibilang terasa campur aduk bagi Real Madrid. Berbagai kejadian terjadi, baik suka maupun duka. Kita tau pada awal tahun ini diawali Real Madrid tersingkir pada perdelapan final Piala Raja Spanyol. Terlebih lagi mereka disingkirkan oleh musuh bebuyutan mereka Barcelona dengan skor agregat 3-4 (1-2 , 2-2). Tapi sesudah itu momen kebangkitan mereka lalui dengan kemenangan demi kemenangan yang mereka raih baik di ajang La Liga maupun Liga Champions. Pada La Liga mereka memimpin klasemen hingga selisih 10 poin dari Barcelona,selain itu mereka juga terus melaju dengan mengalahkan CSKA Moskow dan APOEL Nicosia pada fase gugur.
     Problem sempat muncul lagi saat mereka meraih 3 hasil seri dari 4 pertandingan liga sehingga jarak dengan Barcelona menipis hingga 4 poin. Terlebih pada saat hampir bersamaan mereka disingkirkan raksasa Jerman Bayern Muenchen di semifinal Liga Champions dalam drama adu penalti. Untungnya mental juara di tim bisa benar-benar dikeluarkan sang manager Jose Mourinho. Beberapa hari sesudah tersingkir, Real Madrid menjami Barcelona di Camp Nou pada lanjutan La Liga. Banyak ramalan yang yakin Barca sendiri akan menang dan menipiskan jarak ke 1 poin. Namun apa disangka, Real Madrid berhasil menang dan menambah jarak hingga 7 angka dan terus meraih kemenangan sampai menjadi Juara Liga dengan rekor 100 poin dan mencetak 121 gol.
     Dengan prestasi gemilang pada kompetisi sebelumnya,banyak pihak menjagokan Real Madrid mampu untuk mempertahankan gelar mereka. Mengawali musim dengan baik dan meraih trofi Piala Super Spanyol, pada akhir musim 2012/2013 “si putih” hanya berada di tangga ke-3 klasemen di bawah rival abadi Barcelona serta rival satu kota Atletico Madrid. Tak heran banyak orang yang heran dengan keadaan Real Madrid tersebut. Berbagai masalah memang menghadang, mulai dari kelelahan pemain,inkonsistensi dan cedera pemain, hingga kasus bintang mereka CR7 yang merasa sedih dan kontroversi sang manajer Mourinho.Melihat kondisi pada paruh akhir 2012 ini, harian olahraga basis Spanyol as sampai membuat polling mengenai apa yang diharapkan para Madridista untuk tim kesayangan mereka di tahun 2013 ini.
image
     Bisa kita lihat dari gambar di atas,terdapat 12 tuntutan Madridista dan yang paling mereka inginkan tentu saja gelar ke-10 (La Decima) Liga Champions,para fans sudah cukup lama puasa melihat tim mereka mengangkat trofi termegah seantero Eropa. Selain La Decima voting juga menunjukan bahwa  mereka mendesak manajemen untuk memperbarui kontrak CR7. Meskipun pada tengah paruh pertama musim ini terjadi kontroversi tentang berita kesedihanya,tampaknya para fans masih mencintai CR dilihat dari torehan 169 gol dari 170 partai yang membuatnya menjadi pemain dengan rataan gol terbaik sepanjang sejarah tim dari data yang ada.
     Mengejutkan bila kita melihat hasil voting berikutnya, para fans mendesak untuk mencari manajer baru menggantikan Mourinho yang kurang disukai publik akibat tidak menurunkan Iker Casillas pada partai pamungkas. Anehnya terdapat juga vote lain yang ingin mempertahankan Mourinho. Kejadian ini juga terjadi pada kursi presiden klub,Florentino Perez dituntut untuk mundur tapi ada sebagian fans yang ingin mempertahankanya. Sisanya terlebih pada prestasi dan permainan aktual Real Madrid sendiri. Mulai dari tuntutan bermain lebih baik seperti musim lalu,sampai gengsi ibukota karena saat ini sedang berada dibawah Atletico.
     Para pemain pun juga turut menjadi sasaran demikian juga sesi transfer. Kebanyakan fans ingin Real Madrid membeli bomber tajam kolombia milik Atletico, Radamel Falcao. Perekrutan ini dinilai bisa memperbaiki sisi ofensif tim dan menggerogoti kekuatan Atletico sendiri. Selain itu fans juga mem-vote untuk lebih memprioritaskan pemain asal Spanyol untuk didatangkan seperti David Silva atau Fernando Llorente,tak lupa juga tuntutan untuk lebih memakai pemain hasil binaan mereka sendiri (Castilla). Mereka tampak tak mau lagi melihat “bekas” binaan mereka bersinar di klub lain seperti Juan Mata,Negredo,dan Borja Valero. Terakhir, melihat susahnya untuk mempertahankan trofi La Liga para fans ingin tim kesayangan mereka ini untuk merengkuh trofi Piala Raja Spanyol. Kita tak tahu bagaimana musim ini berakhir. Masih banyak jornada yang akan berlangsung dan banyak hal yang bisa terjadi. Tapi sebagai Madridista sudah tentu mereka tak ingin dikecewakan tim kesayangan mereka ini. HALA MADRID!

No comments:

Post a Comment